Selain Tanam Pepaya California, Warga Pasawahan Dapat Kembangkan Peluang Tumpang Sari


Purwakarta
- Hebat, Desa Pasawahan Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Purwakarta di Provinsi Jawa barat ini, kembangkan usaha budidaya pepaya jenis California.

Menurut Kades Pasawahan, Andre Maula, selain bercocok tanam pepaya, di lahan tersebut warga sekitar dapat memanfaatkan lahan ini dengan cara tumpang sari.

Pemerintah Desa Pasawahan kini memanfaatkan anggaran Dana Desa (DD) melalui programPadat karya tunai (PKDT). 

"Ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan serta menambahkan perekonomian warga masyarakat di Desa. Yang kita lakukan adalah penanaman bibit pepaya jenis California, sedangkan banyak bibit yang di tanam dalam targetnya sebanyak 1000 pohon," ujar Kepala Desa Pasawahan Andre Maula, pada saat ditemui oleh Reporterr KIM Pasawahan, di sela-sela kesibukan penanaman, Rabu (19/1/2022).

Masih menurut Andre, setelah pohon pepaya ini tumbuh dengan besar nantinya diharapkan tumbuhnya pun berkualitas, dangan ini bisa menambah penghasilan perekonomian warga di budidaya pepaya California. 
 

Lanjut dia, untuk warga sekitar, kami harapkan agar dapat lebih kreatif lagi, dengan memanfaatkan peluang usaha. Kami pemerintah desa memberikan peluang usaha bagi warganya untuk bercocok tanam dengan sistem tumpang sari.

"Setelah besar nantinya pohon pepaya ini, kami juga berharap untuk warga agar dapat menanam beberapa jenis sayuran seperti halnya tanaman cabai ataupun kacang," harap Andre kepada warga sekitar keberadaan kebun pepaya California," tutur Andre, menutup wawancara. 

Media KIM Kecamatan Pasawahan
Kontributor : Agus Mardiana (KIM Pasawahan Hebat)
Editor: Yusup Bachtiar